Wisata Raja Ampat Semarang

25 September 2018 7x Artikel

Beranda » Artikel » Wisata Raja Ampat Semarang

Wisata Raja Ampat Semarang – Kepulauan Raja Ampat adalah destinasi wisata eksotis yang ada di wilayah Papua. Objek wisata ini sebenarnya telah dikenal hingga di seluruh dunia sebab menawarkan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Adapun salah satu kepopuleran wisata Raja Ampat ini ialah lewat penayangan film dokumenter  Edis Paradise 3 oleh Avant Premiere, yang mana film ini menceritakan tentang keindahan pesona bawah laut di Raja Ampat yang terletak di Kawasan Papua, sekaligus sebagai objek wisata yang dijuluki dengan nama kawasan Amazon Lautan Dunia.

Sebutan sebagai Amazon Lautan Dunia ini dikarenakan letak tempat wisata tersebut terletak di kawasan Segitiga Karang Dunia. Objek wisata Kepulauan Raja Ampat terletak di wilayah teritorial di Papua Barat, sebagai kawasan gugusan pulau dengan jumlah 610 pulau di Raja Ampat, namun hanya ada sekitar 35 pulau saja yang berpenghuni.

Raja Ampat Sebagai Kawasan Penuh Pesona

Kawasan Raja Ampat sendiri termasuk daerah kepulauan, dan satu-satunya transportasi yang dapat digunakan masyarakat sekitar ialah transportasi dengan angkutan laut. Penggunaan transportasi laut bisa digunakan untuk menjangkau Waisai ataupun daerah sebaliknya. Memiliki 4 pulau utama yang terletak di kawasan Raja Ampat sekaligus sebagai keunikan tersendiri khususnya bagi para wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata kepulauan Raja Ampat.

Adapun keempat pulau tersebut, diantaranya pulau Misool, Batanta, Waigeo, dan Salawati. Penamaan Raja Ampat itu sendiri diambil berdasarkan mitos para penduduk sekitar, diman ajika diartikan ke bahasa Indonesia bermakna Empat Raja. Pengunjung atau wisatawan yang ada di penjuru dunia sendiri sengaja mendatangi tempat wisata Raja Ampat untuk menikmati panorama alam pulau serta keunikan wisata alam bawah lautnya, sekaligus menjelajahi setiap dinding bawah laut melalui aktivitas snorkeling atau penyelaman.

Dengan memilih paket wisata Raja Ampat dari Semarang, para wisatawan juga dapat mengarungi sejumlah gugusan pulau-pulau kecil dan besar, hutan tropis, pantai pasir putih, pegunungan, untaian karang laut, hingga keanekaragaman satwa yang berada di Raja Ampat. Bisa dikatakan jika kekayaan alam yang ada di Raja Ampat sangat jarang ditemukan, karena itu kita harus bersyukur karena Indonesia mempunyai anugerah berupa Raja Ampat dengan sejuta pesona keindahan yang dimilikinya.

Rute Perjalanan dari Semarang ke Raja Ampat

Bagi Anda yang berada di Semarang, untuk menuju Raja Ampat maka rute yang wajib ditempuh untuk tiba di lokasi Raja Ampat ialah dengan memakai transportasi udara, menuju kota Sorong, tepatnya di Papua Barat. Sebenarnya di bandara Sorong sendiri tak terdapat jalur transportasi internasional yang langsung ke Domine Edward Osok. Dengan kata lain, jika Anda dari luar negeri, maka Anda harus melakukan transit terlebih dulu di Surabaya, Jakarta, Makassar atau Denpasar. Lalu jika Anda ingin melewati jalur terpendek, maka harus transit terlebih dulu di Ujung Pandang dengan waktu tempuh selama 5 jam 15 menit sampai tiba di Sorong. Sebenarnya jika Anda memilih paket wisata Raja Ampat dari Semarang dengan tepat, perjalanan yang ditempuh bisa lebih mudah.

Setelah menempuh perjalanan dari Sorong, dilanjutkan dengan memakai taxi ke Pelabuhan Rakyat ke Ibukota Raja Amapt, Waisai. Sesudah itu, perjalanan akan dilanjutkan lagi memakai transportasi laut kapal Ferry, bisa juga dengan menyewa speedboat. Kemudian di pelabuhan ini, Anda disarankan untuk menyediakan berbagai perbekalan, seperti makanan instan, air mineral, dan sebagainya. Sebab di Waisai sendiri, harga kebutuhan perbekalan menjadi lebih mahal.

Pada pelabuhan ini terdapat 2 kapal ferryy berlayar yang melayani perjalanan dari kota Sorong menuju Waisai, dan pemberangkatan sendiri biasanya pada jam 14.00 WIT siang hari, lalu kapal satunya lagi akan berangkat setelah 1 jam atau 2 jam kemudian. Waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 4-5 jam agar tiba di pelabuhan Waisai.

Namun untuk Anda yang ingin menggunakan speedboat dengan menyewanya, waktu yang paling tepat untuk menyeberang ialah sebelum naiknya air laut, tepatnya sebelum jam 12.00 WIT siang. Sebab dikhawatirkan terjadinya sesuatu yang tak diinginkan, mengingat ukuran speedboatnya lebih kecil dibandingkan kapal, jadi akan mudah terguncang ombak. Setelah sampai di Raja Ampat, Anda bisa langsung mengikuti jadwal paket wisata Raja Ampat dari Semarang yang sudah direncanakan oleh pihak agen travel.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.